10 Manfaat Buah Kelor yang Jarang Orang Tahu

Tanaman kelor mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, terutama daun dan bunganya. Namun, mungkin belum banyak yang tahu, kalau ternyata buah kelor yang sekaligus merupakan biji kelor juga menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, apa saja sih manfaat buah kelor untuk tubuh? Yuk, intip di sini!

Kandungan zat gizi buah kelor

Kelor mengandung berbagai mineral, vitamin, dan senyawa aktif yang menyehatkan tubuh, diantaranya:

  • Vitamin A.
  • Vitamin B1 (tiamin).
  • Vitamin B2 (riboflavin).
  • Vitamin B3 (niasin).
  • Vitamin B6 (folat).
  • Vitamin C (asam askorbat).
  • Kalsium.
  • Kalium.
  • Besi.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Seng.

Kandungan lainnya yang tidak kalah penting adalah tanaman kelor ini sangat rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol yang berbahaya untuk tubuh.

Apa saja manfaat buah kelor untuk tubuh?

Sejak dulu, baik daun maupun buah kelor dipercaya memiliki banyak khasiat dan kegunaannya, mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga membantu mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut ini manfaat buah kelor, antara lain:

  1. Menutrisi kulit dan rambut.

Salah satu manfaat buah kelor yang tak terduga adalah dapat menyehatkan kulit dan rambut Anda. Minyak biji kelor mampu melindungi rambut dari serangan jahat radikal bebas, serta menjaganya tetap kuat, bersih, dan sehat. Selain itu, buah kelor mengandung protein yang ampuh melindungi kulit dari kerusakan sekaligus melembabkan kulit Anda.

  1. Mengobati edema.

Buah kelor memiliki sifat antiinflamasi yang efektif untuk mencegah kondisi edema semakin parah. Edema adalah penumpukan cairan di jaringan tubuh tertentu yang menyebabkan bengkak. Tanda edema yang terlihat jelas adalah membentuk lubang atau lesung pipit saat ditekan dan butuh waktu lama untuk kembali ke bentuk semula.

  1. Mencegah dan mengobati kanker.

Manfaat buah kelor lainnya dapat membantu mencegah berkembangnya kanker. Hal ini karena kelor mengandung senyawa niazimicin yang dapat menekan perkembangan sel-sel kanker semakin ganas.

  1. Bantu atasi masalah pencernaan.

Mengonsumsi buah kelor dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan, seperti gastritis, sembelit, dan kolitis ulserativa. Hal ini karena kelor memiliki sifat antibiotik dan antibakteri yang dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai jenis patogen dan tinggi vitamin B yang sehat untuk pencernaan Anda.

  1. Mencegah penyakit infeksi.

Tidak diragukan lagi, manfaat buah kelor dapat mencegah berbagai penyakit infeksi, karena sifat antibakteri, antijamur, dan antimikrobanya. Ekstrak kelor dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh Salmonella, Rhizopus, dan E. coli.

  1. Menguatkan tulang.

Karena mengandung mineral kalsium dan fosfor, manfaat buah kelor dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan kekuatan tulang Anda. Selain itu, sifat antiinflamasi pada biji buah kelor dapat membantu mengatasi radang sendi dan kerusakan tulang tertentu.

  1. Melindungi kesehatan jantung.

Buah kelor memiliki sifat antioksidan kuat yang efektif melawan serangan radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan akan melindungi sel-sel sehat di dalam tubuh agar tidak rusak oleh radikal bebas. Oleh sebab itu, manfaat buah kelor telah terbukti dapat mencegah kerusakan sel dan menjaga kesehatan sistem tubuh, terutama jantung, ginjal, dan mata.

  1. Mengobati diabetes.

Buah kelor dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Buah ini memiliki efek antihiperglikemia, sehingga ketika mengonsumsinya, gula darah Anda tidak melonjak naik. Hiperglikemia sendiri adalah makanan yang dapat meningkatkan gula darah secara cepat. Jadi, mengonsumsi buah kelor tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda.

  1. Meredakan asma.

Manfaat buah kelor lainnya adalah dapat membantu mengurangi serangan asma yang parah dan mencegah terjadinya penyempitan bronkial. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmacology, bahwa biji kelor mengandung senyawa alkaloid yang mirip dengan obat asma efedrin. Senyawa ini bekerja dengan melemaskan otot bronkiolus agar tidak menyempit, sehingga membantu meredakan asma. 

  1. Menurunkan tekanan darah.

Anda tidak perlu khawatir mengonsumsi buah kelor jika memiliki riwayat hipertensi. Ternyata, manfaat buah kelor juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi, karena mengandung isothiocyanate dan niaziminin. Senyawa ini membantu mencegah penebalan arteri yang dapat menyebabkan tekanan darah Anda jadi naik.

Inilah 10 manfaat buah kelor yang mungkin jarang Anda ketahui. Tanaman kelor, baik itu daun maupun biji buah kelor, ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Biji buah kelor bisa menambah variasi menu makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *