Apa Penyebab Penyakit Asam Urat?

Merupakan bentuk dari penyakit osteoarhritis dengan ciri munculnya persendian yang tiba-tiba merasa sakit, bisa juga bengkak dan berwarna merah. Kondisi ini disebut dengan penyakit asam urat, persendian yang sering terkena penyakit ini di beberapa area, antaranya pergelangan kaki, jempol kaki, lutut dan telapak kaki.

Area tangan juga kerap rawan terserang penyakit ini, seperti siku, pergelangan tangan, lengan hingga ibu jari. Selain itu, meskipun terbilang jarang, area tulang belakang juga berkemungkinan mengalami kondisi ini. Keadaan ini bisa menjadi kronis bila tidak mendapatkan pengobatan dan pencegahan supaya tidak kambuh.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Sekitar satu dari 200 orang dewasa bisa terkena penyakit ini, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun, pada umumnya jenis kelamin pria yang cenderung lebih sering terjangkit penyakit ini dibanding para wanita. Untuk menghindari kondisi ini, diperlukan pengetahuan akan penyebab yang menjadi munculnya penyakit ini.

Secara umum kadar asam urat dalam jumlah terlalu banyak di dalam darah adalah penyebab utama munculnya penyakit ini. Pada kondisi normal, kadar asam urat ini akan dikeluarkan oleh tubuh melalui buang air baik itu besar atau kecil dan berbentuk urine atau feses. Lain halnya jika zat kimia itu muncul terlalu banyak di dalam tubuh.

Ketika zat tersebut menjadi berlebih, kadar asam urat yang terdapat di area sendi ini akan mengeras dan menjadi kristal. Penumpukan kristal asam urat inilah yang menjadi penyebab utama timbulnya peradangan, berlebihnya kadar asam urat ini disebabkan karena beberapa alasan, seperti pola makan tidak sehat dan banyak konsumsi makanan mengandung purin.

Yang dimaksud dengan purin adalah zat kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh, selain itu zat ini juga terkandung di beberapa jenis makanan. Oleh tubuh, purin ini akan diolah untuk menjadi asam urat, namun ketika jumlahnya berlebih maka tubuh bisa kewalahan dalam memproses purin secara baik dan benar.

Faktor Penyebab Peningkatan Risiko

  • Usia dan Jenis Kelamin

Belum diketahui apa alasannya, keadaan asam urat dalam kasus yang terjadi lebih banyak dialami laki-laki ketimbang perempuan. Laki-laki yang mengalami kondisi ini cenderung dalam rentang usia 30 hingga 50 tahun. Untuk perempuan, kondisi ini lebih sering dialami pada perempuan yang mengalami menopause.

  • Riwayat Keluarga

Perlu diperhatikan jika terdapat salah satu anggota keluarga yang pernah mengalami asam urat, maka anggota keluarga lain kemungkinan juga akan mengalami kondisi yang sama dan bahkan berpeluang besar mengalami kondisi tersebut. Namun demikian, riwayat bukanlah penyebab utama seseorang berisiko terkena penyakit ini.

  • Berat Badan Berlebih

Penyebab lain yang meningkatkan seseorang terkena penyakit ini adalah memiliki berat badan berlebih. Pada kasus yang telah terjadi, seseorang yang memiliki indeks massa tubuh yang lebih dari 25 kg/m 2 merupakan yang paling berisiko dan harus lebih waspada dalam mengurangi risiko terjangkit penyakit ini.

  • Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan seseorang memiliki risiko terkena penyakit asam urat. Adanya beberapa efek samping dari jenis obat yang dikonsumsi merupakan penyebab utama asam urat menumpuk di dalam tubuh. Beberapa obat yang dapat memicu kondisi ini muncul adalah aspirin, obat diuretik, obat kemoterapi kanker dan obat yang mampu menurunkan kekebalan tubuh.

  • Riwayat Kesehatan Pribadi

Gangguan kesehatan seseorang juga memiliki andil penderita penyakit ini, gangguan kesehatan ini bisa meningkatkan peluang seseorang terkena asam urat. Beberapa gangguan kesehatan ini di antaranya, diabetes, gangguan fungsi ginjal, penyakit jantung, hingga penyakit infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *