Apa Saja Bahan-Bahan untuk Obat Cacing Alami?

Cacingan disebabkan oleh cacing parasit yang masuk dan menimbulkan infeksi di dalam tubuh. Cacing parasit tersebut masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi daging yang tidak matang dari hewan yang terinfeksi, minum air yang terkontaminasi, tidak menggunakan alas kaki, tidak mencuci tangan dengan rutin, dan memiliki sanitasi yang buruk.

Cacingan dapat disebabkan cacing parasit seperti cacing pita, cacing kremi, dan cacing tambang yang dapat efektif diobati dengan obat-obatan yang dijual di apotek atau minimarket. Namun, siapa sangka terdapat bahan-bahan alami di sekitar kita yang dapat digunakan untuk obat cacing alami.

DAFTAR BAHAN OBAT CACING ALAMI

Bahan-bahan alami ini bukan obat utama untuk cacingan seperti obat-obatan praziquantel, mebendazole, dan albendazole. Berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi cacingan serta khasiat yang dimiliki:

  • Bawang putih. Bawang putih diduga memiliki kandungan antiparasit yang dapat mengenyahkan telur cacing dan mencegah cacing untuk memproduksi telur. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke dalam makanan untuk mendapatkan manfaat anti cacingan.
  • Wortel. Wortel memiliki kandungan serat banyak yang dapat meningkatkan pergerakan usus serta dapat mendorong cacing keluar dari usus bila dikonsumsi. Jangan lupa cuci wortel sebelum dikonsumsi dan makan wortel sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan manfaat anti cacingan.
  • Biji labu. Siapa sangka ternyata biji labumengandung asam amino, asam lemak, senyawa berberin, palatine, dan cucurbitacin. Oleh karena itu, bila biji labu diekstraksi dan dikonsumsi berguna untuk melawan parasit, termasuk cacing, secara efektif.
  • Minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki aktivitas antibakteri, antivirus, dan aktivitas untuk melawan infeksi cacing konsumsi. Manfaat anti cacingan dapat diperoleh dengan minum 1 sdt minyak kelapa murni tiap pagi.
  • Pepaya. Buah pepaya yang dicampur dengan madu dapat menyebabkan kotoran yang dikeluarkan bersih dari cacing parasit sehingga terhindar dari cacingan.
  • Jahe. Kandungan jahe yaitu gingerol dapat menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menghilangkan cacingan di dalam usus. Manfaat tersebut diperoleh dengan merebus jahe berukuran 2.5-5 cm yang dicincang selama 5 menit dan diminum saat sudah mulai hangat.
  • Cengkeh. Cengkeh memiliki senyawa eugenol yang membantu penghancuran parasit usus termasuk larva dan telur cacing. Untuk mendapatkan manfaat cengkeh tambahkan 2-3 siung cengkeh ke rebusan air mendidih selama 5 menit, disaring, dan diminum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *