Apakah Obat Penghilang Tato Aman?

Anda memiliki tato, namun Anda menyesal dan tidak tahu apa yang harus dilakukan?

Tato bisa dihilangkan menggunakan laser tato, tetapi kebanyakan orang bilang hal rasanya menyakitkan. Selain itu, Anda perlu sejumlah besar uang tunai dan membutuhkan sekitar 1 tahun untuk menyelesaikan prosedur penghilangan tato tersebut. Ternyata terdapat alternatif lain, yaitu obat penghilang tato. Namun, apakah obat ini aman?

Krim penghilang tato adalah obat salep topikal yang dimaksudkan untuk secara bertahap memudar atau menghilangkan tato setelah Anda mengaplikasikan secara berulang. Krim ini diklaim dapat menghilangkan tato dengan memutihkan atau mengupas lapisan atas kulit Anda. Beberapa bahkan mengklaim dapat mengganti sel darah putih pada kulit Anda yang sebelumnya dipenuhi dengan tinta tato.

Tinta tato disuntikkan ke lapisan dalam kulit Anda yaitu dermis, sehingga krim atau obat penghilang tato sebenarnya tidak efektif untuk menghilangkan tinta tato pada kulit Anda. efek terbaik yang dapat diberikan dari obat ini adalah krim akan membuat tato Anda memudar, meninggalkan versi tato yang terdistorsi dan berubah warna yang bisa menjadi bekas luka permanen pada kulit.

Setiap merek krim memiliki bahan yang berbeda di dalamnya, tetapi terdapat bahan aktif umum yang terdapat di dalam krim penghilang tato yang perlu Anda ketahui:

  • Asam Trikloroasetat (TCA)

Asam trikloroasetat adalah bahan aktif paling umum yang ditemukan dalam krim penghapus tato. Zat ini adalah bahan kimia asam yang menyebabkan kulit mengelupas dan melepaskan. Meskipun asam trikloroasetat secara teratur digunakan oleh para tenaga kesehatan profesional untuk perawatan kulit profesional, namun zat ini bisa berbahaya untuk digunakan di rumah jika tanpa pengawasan.

Sebenarnya, bahan kimia seperti asam trikloroasetat telah diatur oleh Food and Drug Administration (FDA), tetapi krim atau obat penghilang tato yang saat ini ada di pasaran tidak ada yang telah disetujui oleh FDA.

Bahan kimia dalam produk ini dapat menyebabkan efek samping yang menyakitkan, termasuk:

  • Kemerahan
  • Ruam
  • Pembakaran
  • Mengupas
  • Jaringan parut permanen
  • Perubahan warna kulit permanen
  • Peradangan

Jika Anda ingin menghilangkan tato, berikut beberapa opsi penghapusan tato yang dianggap aman jika dilakukan oleh dokter, dokter kulit, atau profesional medis berlisensi lainnya, seperti:

  • Operasi laser

Operasi laser menghilangkan tato menggunakan laser jenis khusus yang disebut laser Q-switched. Laser ini menerapkan denyut panas terkonsentrasi yang dapat memecah tinta di kulit Anda. Karena panas yang terlibat, kulit Anda mungkin membengkak, melepuh, atau berdarah akibat perawatan. Biasanya dokter Anda akan memberi Anda salep antibakteri, seperti Neosporin, untuk mencegah terjadinya infeksi. Biaya operasi pengangkatan laser juga bervariasi berdasarkan ukuran, warna, dan jenis tato yang dihapus.

  • Bedah eksisi

Untuk melakukan bedah ini, dokter Anda akan membuat kulit mati rasa disekitar tato dengan anestesi lokal. Kemudian, dokter akan menggunakan pisau bedah untuk memotong kulit yang bertato dan menggunakan jahitan untuk menjahit kulit kembali. Eksisi bedah termasuk cepat dan efektif karena dapat dilakukan dalam satu sesi dan sepenuhnya menghilangkan semua kulit Anda yang bertato. Tapi bedah ini bisa meninggalkan bekas luka yang terlihat. Biaya bedah eksisi  juga tergantung pada ukuran dan lokasi tato Anda, serta apakah dokter Anda menyarankan untuk menggunakan cangkok kulit.

  • Dermabrasi

Dermabrasi dilakukan dengan menggunakan alat yang mirip dengan rotary sander. Setelah mematikan kulit Anda dengan membekukannya atau menggunakan anestesi lokal, dokter Anda akan menggunakan sikat abrasif berbentuk lingkaran untuk mengikis kulit yang bertato.

Dermabrasi dapat membuat kulit terasa mentah selama lebih dari seminggu setelah prosedur selesai dilakukan. Biaya dermabrasi juga tergantung pada ukuran tato.

Krim atau obat penghilang tato biasanya bisa Anda dapatkan di internet dan tidak pernah direkomendasikan oleh ahli dermatologi atau profesional perawatan kulit lainnya, oleh karena itu dapat memiliki efek berbahaya pada kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *