Cara Memutihkan Lutut dengan 5 Bahan Alami

memutihkan lutut dengan bahan alami bukanlah hal yang mustahil.

Dibanding bagian tubuh lainnya, lutut sering kali berwarna lebih gelap atau mengalami hiperpigmentasi. Bagi beberapa orang, hal ini sangat mengganggu. Sehingga cukup banyak orang yang berusaha mencari cara memutihkan lutut

Hiperpigmentasi memang sering terjadi pada bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak, seperti siku dan lutut. Tidak adanya kelenjar minyak, membuat bagian tubuh tersebut menjadi kering. Kulit cenderung menjadi menghitam ketika terlalu kering. 

Selain itu, warna gelap pada lutut juga dapat disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Tak seperti wajah dan leher, orang memang jarang memperhatikan bagian lutut. Sedikit sekali orang yang rutin melakukan eksfoliasi pada kulit lutut, layaknya pada kulit wajah. Wajar saja apabila sel kulit mati menumpuk pada bagian tersebut. 

Meskipun warna gelap pada lutut sangat normal, tidak ada salahnya jika Anda ingin lutut Anda tampak lebih cerah. Untuk itu, Anda dapat mencoba cara memutihkan lutut di bawah ini. Tidak perlu khawatir, cukup menggunakan bahan alami kok. 

1. Lidah buaya

Hiperpigmentasi juga dapat terjadi karena bagian kulit tertentu mengandung pigmen melanin yang terlalu banyak. Kondisi tersebut dapat diatasi oleh aloesin yang terdapat di dalam lidah buaya, setidaknya untuk kasus hiperpigmentasi akibat sinar matahari. 

Oleh sebab itu, lidah buaya juga dipercaya dapat digunakan untuk memutihkan lutut. Cara penggunaannya, Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada bagian lutut yang menghitam sambil dipijat lembut. Ulangi penggunaannya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. 

2. Teh hijau

Tak hanya bermanfaat bagi tubuh ketika diminum, teh hijau juga bermanfaat sebagai salah satu bahan alami untuk memutihkan lutut. Epigallocatechin gallate yang terkandung di dalam teh hijau terbukti dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan. 

Cara memutihkan lutut dengan teh hijau juga terbilang mudah. Seduh teh hijau dengan air hangat. Kemudian oleskan kapas, yang telah dicelupkan ke dalam larutan tersebut, pada lutut. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari. 

3. Lemon

Telah lama sekali, lemon dipercaya sebagai pencerah kulit. Hal tersebut karena adanya kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalam lemon. 

Jika Anda ingin mencoba cara memutihkan lutut yang satu ini, pertama tentu saja siapkan satu buah lemon. Belah lemon tersebut menjadi dua bagian. Gosokkan lemon pada bagian lutut yang menghitam pada malam hari. Biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya. 

4. Kunyit

Kandungan curcumin di dalam kunyit telah terbukti dapat mengurangi produksi melanin.  Oleh sebab itu, penggunaan kunyit dapat menjadi salah satu cara memutihkan lutut yang mengalami hiperpigmentasi.

Namun, cara memutihkan lutut yang satu ini membutuhkan beberapa bahan tambahan, yaitu madu atau yoghurt. Jadi, Anda campur setengah sendok kunyit dengan satu sendok madu atau yoghurt. Oleskan pada lutut dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu, bilas dengan air bersih. 

Untuk memperoleh hasil maksimal, sebaiknya dilakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu. 

5. Minyak kelapa

Menggunakan minyak kelapa untuk menggoreng mungkin sudah biasa. Tapi, menggunakan minyak kelapa sebagai cara memutihkan lutut, apa benar?

Hal tersebut benar. Minyak kelapa dapat mengurangi efek buruk radikal bebas. Keberadaan radikal bebas dapat menimbulkan banyak masalah pada kulit, salah satunya hiperpigmentasi. 

Karena kemampuannya mengatasi efek buruk radikal bebas, maka minyak kelapa dapat digunakan untuk menangani masalah hiperpigmentasi pada lutut. 

Penggunaan bahan-bahan alami sebagai cara memutihkan lutut memang masih perlu dibuktikan, namun tidak ada salahnya bila Anda ingin mencobanya. Selain itu, sehari-hari sebaiknya Anda rutin menggunakan pelembab dan krim tabir surya, agar tidak memperburuk hiperpigmentasi yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *