Berat Badan Kurang Ideal? Ini Cara Mengukur Lingkar Pinggang

Tidak hanya berguna saat ingin membeli celana baru, mengetahui ukuran pinggan sangat penting untuk kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu ketahui cara mengukur lingkar pinggang sendiri agar bisa langsung dipraktikkan di rumah. Banyak orang yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal, tidak berarti harus kurus atau langsing. Menurut standar kesehatan versi Departemen Kesehatan RI, Anda harus memiliki lingkat pinggang kurang dari 80 cm bagi wanita dan untuk pria sebaiknya kurang dari 90 cm.

Jika ukuran lingkar pinggang Anda melebihi dari angka tersebut, kemungkinan Anda memiliki risiko terkena berbagai penyakit. Namun, risiko ini bisa dicegah dengan mengubah pola hidup Anda dengan yang lebih sehat, seperti mengatur pola makan dan melakukan aktivitas fisik untuk membakar lemak.

Cara mengukur lingkar pinggang sendiri

Mengukur lingkar pinggang sangatlah mudah untuk Anda lakukan sendiri. Alat yang Anda butuhkan juga mudah ditemukan, alat yang dibutuhkan untuk mengukur lingkar pinggang adalah pita meteran pengukur badan yang sering digunakan oleh penjahit.

Saat ingin mengukur lingkar pinggang, pastikan Anda tidak menggunakan pakaian yang menutupi bagian pinggang atau perut supaya hasil pengukuran lebih akurat. Sebaiknya saat pengukuran Anda lakukan di depan cermin agar bisa langsung melihat bentuk tubuh Anda.

Selain itu, Anda bisa mengukur lingkar pinggang dengan cara berikut:

  1. Mulailah pengukuran dari bagian atas tulang pinggul
  2. Lingkarkan pita meteran melingkari pinggang Anda dan pastikan pita tersebut jaraknya sejajar dengan pusar Anda
  3. Jangan tekan pita terlalu ketat atau membiarkannya terlalu longgar dari lingkar pinggang. Selain itu, jangan menahan napas saat mengukur lingkar pinggang
  4. Ukuran lingkar pinggang yang tepat bisa dilihat setelah Anda membuang napas.

Setelah mengukur lingkar pinggang ini, Anda dapat dijadikan sebagai patokan apakah Anda perlu menurunkan berat badan sesegera mungkin atau tidak. Cara tersebut dilakukan untuk menurunkan risiko Anda terkena penyakit tertentu.

Jika Anda melihat lemak bergelambir di area perut atau pinggang, itu tandanya Anda harus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Menyimpan terlalu banyak lemak di area pinggang bisa mengakibatkan Anda mudah terkena penyakit, seperti jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan kanker. Risiko ini akan meningkat jika indeks massa tubuh juga menunjukan Anda terlalu gemuk atau bahkan obesitas.

Perlu Anda ingat bahwa, tidak ada olahraga yang dapat membakar lemak khusus di area pinggang atau perut. Supaya bisa mengurangi tumpukan lemak di pinggang, Anda perlu menguranig asupan kalori secara keseluruhan dan lebih aktif bergerak. Namun, ketika lingkar pinggang Anda sudah melewati ambang batas aman, sebaiknya Anda segera melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan tidak perlu ragu periksa ke dokter untuk meminta bantuannya dalam menentukan perawatan terbaik apa yang sesuai dengan kondisi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *