Cara Sederhana Membuat Semprotan Merica

Semprotan merica atau juga disebut dengan semprotan cabai, pada umumnya dikenal dengan nama pepper spray. Karena memiliki fungsi yang cukup bagus terutama untuk pertahanan diri, bahkan membuat salah seorang perempuan di Filipina memutuskan untuk membuat semprotan tersebut, terdengar sepele namun terdapat langkah tertentu dalam cara membuat semprotan merica.

Manfaat yang dimiliki semprotan merica ini pada umumnya banyak digunakan oleh para perempuan untuk menjaga diri dari kejahatan. Terutama ketika bepergian dan berada di tempat umum sendiri tanpa ditemani orang lain. Sehingga pepper spray dipilih sebagai alat pertahanan diri agar terhindar dan terjaga dari kejahatan.

Cara Membuat Semprotan Merica

Pepper spary atau semprotan merica biasanya mengandung beberapa bahan cair seperti air, alkohol, pelarut organik sebagai agen cair. Bisa juga nitrogen, karbon dioksida, hidrokarbon terhalogenasi yang bisa berupa tetrachloroetylene dan methlene chloride, fungsi bahan ini adalah sebagai gas dengan tekanan tinggi untuk menyemprotkan air dalam botol.

Jika bahan-bahan di atas terlalu rumit untuk bisa dipahami, terdapat cara mudah untuk membuat semprotan merica. Dengan bahan-bahan yang mudah digunakan, semprotan merica bisa langsung dibuat secara sederhana. Ikuti cara berikut ini dalam membuat semprotan merica dengan mudah dan tidak ribet.

Bahan

  • Beberapa buah cabai rawit berbagai jenis, keringkan terlebih dahulu dalam beberapa hari di bawah sinar matahari atau di oven.
  • Merica hitam bisa digunakan secukupnya sebagai tambahan sensasi batuk, tambahan merica bisa digunakan sebagai pilihan.
  • Bawang putih, bisa digunakan secukupnya fungsinya sama seperti merica yakni menambahkan sensasi, bukan batuk tetapi perih.
  • Alkohol gosok sebanyak 350 ml dan bisa juga menggunakan cuka, gunakan secukupnya agar stabilkan minyak cabai bisa juga gunakan air putih.
  • Baby oil sebanyak 2 sdm, fungsi dari bahan ini adalah sebagai perekat bahan ke tubuh seseorang yang mendapatkan semprotan.
  • Botol semprot kosong, bersihkan dan keringkan dengan benar, kemudian sediakan juga corong serta perangkat pelindung, seperti kacamata renang dan sarung tangan.

Cara Membuat

  • Masukan bahan seperti cabai, bawang putih, baby oil dan allkohol atau cuka ke dalam blender, proses bahan tersebut selama dua menit, bisa juga diulek atau tumbuk sampai menjadi pasta.
  • Setelah itu tuang cairan tersebut ke dalam botol menggunakan corong, kemudian diamkan satu malam penuh di tempat yang sejukagar menguap.
  • Volume cairan perlu dikurangi, tujuannya agar meningkatkan efektivitas, ini merupakan bagian terpenting dalam proses pembuatan semprotan merica.
  • Keesokan harinya, masukan cairan yang telah didiamkan tadi ke dalam botol yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
  • Gunakan kain tipis untuk menyaring, kemudian tuang campuran merica ke dalam botol dengan hati-hati lalu tutup botol dengan rapat untuk menghindari bocornya cairan.
  • Jika sudah, tambahkan lagi 350 ml alkohol atau cuka atau air, sebagai langkah terakhir dalam cara membuat semprotan merica.
  • Semprotan merica yang telah dibuat selanjutnya bisa disimpan di tempat dengan suhu ruangan sejuk, seperti kulkas misalnya. Efek yang ditimbulkan dari semprotan merica yang telah dibuat ini bisa bertahan mulai 30 sampai 45 menit, namun juga tergantung pada seberapa kuat larutan semprotan ini bertahan.

Selain itu ketahanannya juga bergantung pada cairan pelarut apa yang digunakan dalam pembuatan semprotan merica hingga masa penyimpanan. Waktu penyimpanan dari semprotan merica ini berdampak pada ketahanan dari kuatnya efek yang ditimbulkan, jika dilakukan dengan benar bisa bertahan satu hingga tiga bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *