Ini Syarat dan Cara Membuat BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan telah lama menjadi layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari pemerintah. Akan tetapi, hingga kini masih ada masyarakat yang belum memahami bagaimana cara membuat BPJS Kesehatan. Padahal, prosedur yang perlu dilalui sangatlah mudah dan singkat.

Secara umum, BPJS Kesehatan bekerja dengan cara yang serupa seperti asuransi. Cara pembuatannya pun juga sama, yaitu dengan mendaftarkan diri dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Syarat membuat BPJS Kesehatan

Saat akan mendaftar ke program BPJS Kesehatan, Anda perlu memastikan bahwa segala dokumen persyaratan telah dipersiapkan. Kekurangan dokumen bisa menghambat proses pendaftaran. Oleh sebab itu, perhatikan syarat-syarat dokumen yang dibutuhkan saat akan membuat BPJS Kesehatan.

Syarat utama untuk membuat mendaftar ke program BPJS Kesehatan antara lain:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dipilih
  • Email dan nomor HP aktif
  • Halaman depan buku tabungan
  • Pas foto ukuran 3×4, masing-masing satu lembar

Bagi Warga Negara Asing (WNA), Anda juga perlu mempersiapkan paspor, kartu izin tinggal tetap/sementara, surat izin kerja, serta nomor visa tinggal terbatas.

Dokumen-dokumen yang disebutkan di atas nantinya akan difotokopi untuk kemudian disimpan sebagai dokumen penunjang oleh pihak BPJS Kesehatan. Setelah itu, Anda akan langsung diminta untuk membayar iuran bulan pertama.

Cara membuat BPJS Kesehatan secara online

Cara membuat BPJS Kesehatan bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, yaitu menggunakan metode online. Untuk bisa melakukan pendaftaran secara online, Anda perlu mengunduh aplikasi Mobil JKN terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan pendaftaran melalui prosedur sebagai berikut:

  1. Memilih menu pendaftaran peserta baru pada aplikasi Mobile JKN.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang meliputi informasi pribadi, alamat, pilihan kelas, fasilitas kesehatan, dan lain sebagainya, lalu tekan simpan.
  3. Mendapatkan notifikasi melalui email berisi nomor registrasi dan virtual account (VA).
  4. Lakukan pembayaran melalui nomor VA menggunakan layanan bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, seperti Bank Mandiri, BNI, ataupun BRI. Simpan bukti setelah pembayaran selesai dilakukan.
  5. Menerima email pemberitahuan dari BPJS Kesehatan mengenai status BPJS Kesehatan yang telah diaktifkan.

Apabila Anda ingin mencetak kartu BPJS Kesehatan secara fisik, datanglah ke counter cetak kartu BPJS dengan membawa formulir, VA, serta bukti pembayaran sebelumnya.  

Cara membuat BPJS Kesehatan secaralangsung

Selain metode online, cara membuat BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan secara offline atau langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Untuk memulai prosedur ini, Anda perlu terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran dari rumah.

Setelah itu, pembuatan BPJS Kesehatan bisa Anda lakukan dengan cara:

  1. Mendatangi kantor BPJS Kesehatan dengan membawa dokumen persyaratan, lalu mengisi formulir pendaftaran.
  2. Menerima virtual account (VA) setelah menyerahkan formulir dan dokumen persyaratan untuk mendaftar.
  3. Melakukan pembayaran mellaui nomor VA di bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, yaitu BRI, BNI, atau Bank Mandiri.
  4. Kembali mendatangi kantor BPJS Kesehatan dengan membawa bukti pembayaran. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kartu BPJS yang telah dicetak.

Apabila dibandingkan dengan metode online, cara membuat BPJS Kesehatan secara langsung memang lebih lama dan memakan waktu. Akan tetapi, dengan cara ini, Anda bisa langsung mendapatkan kartu yang telah dicetak begitu selesai melakukan pembayaran. Anda juga bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *