Kenapa Rambut Lepek dan Cara Mengatasi Hal ini!

Rambut lepek merupakan kondisi rambut yang dapat mengganggu penampilan seseorang. Masalah seperti ini bisa terjadi karena jumlah minyak yang berlebihan pada bagian kepala. Hal tersebut dapat membuat rambut terlihat tipis dan berminyak.

Bagaimana Manusia Bisa Mengalami Rambut Lepek?

Pada dasarnya, kulit kepala memiliki minyak alami yang disebut sebagai sebum. Minyak tersebut diproduksi oleh kelenjar sebasea dan memiliki kegunaan untuk menjaga kondisi kulit kepala manusia supaya tetap sehat.

Meskipun kelenjar sebasea dapat memberikan dampak yang baik pada kepala manusia, kelenjar tersebut dapat menghasilkan minyak dalam jumlah yang banyak jika kulit kepala tidak terawat dengan baik. Tentunya, hal tersebut akan menimbulkan rambut lepek.

Cara Untuk Mengatasi Rambut Lepek

Oleh karena itu, jika manusia mengalami rambut lepek, ada berbagai cara yang dapat dilakukan. Orang-orang juga tidak perlu pergi ke salon untuk mengatasi gangguan seperti ini, mereka dapat melakukannya di rumah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan:

  • Jangan terlalu jarang atau sering keramas

Anda mungkin berpikir bahwa merawat rambut dengan baik adalah dengan terus keramas, namun tidak demikian. Jika Anda terlalu sering keramas, maka kulit kepala akan merespons dengan memberikan minyak dalam jumlah yang terlalu banyak.

Jarang keramas juga akan memberikan dampak yang buruk pada bagian kepala Anda. Jika Anda jarang keramas, maka bakteri pada kulit kepala dapat menyumbat folikel. Oleh karena itu, Anda sebaiknya keramas 2 hingga 3 kali setiap minggu.

  • Jangan mencuci rambut dengan air hangat

Mencuci rambut dengan air hangat sebenarnya dapat memberikan dampak yang buruk bagi rambut Anda. Jika Anda keramas dengan air hangat, maka akan membiarkan kutikula terbuka.

  • Hindari penggunaan conditioner

Walaupun dapat mencegah rambut kusut, conditioner juga dapat membuat rambut Anda lepek. Sebagai penggantinya, Anda dapat menggunakan produk pelembut yang mengandung silikon seperti cyclomethicone. Bahan tersebut tidak akan membuat rambut Anda berminyak.

  • Jangan terlalu sering menyisir rambut

Anda mungkin berpikir bahwa menyisir rambut secara terus menerus dapat membuat rambut Anda terlihat rapi sepanjang hari, namun tidak demikian. Terlalu sering menyisir rambut juga dapat menstimulasi produksi minyak dalam jumlah yang banyak.

  • Penggunaan blow-dry

Penggunaan blow-dry secara tidak teratur juga merupakan faktor lain yang dapat membuat rambut Anda lepek. Anda dapat menggunakan blow-dry ketika rambut Anda setengah kering, namun perlu bagi rambut Anda menjadi lima atau enam bagian, kemudian keringkan satu per satu dengan blow-dry. Anda juga perlu memulainya dari bagian depan.

Setelah mengeringkan bagian depan, Anda keringkan pada bagian tengah hingga ke atas. Cara tersebut dapat membuat rambut Anda bervolume. Setelah itu, Anda keringkan lagi rambut Anda, namun dengan suhu dingin pada akar rambut Anda, untuk memastikan rambut Anda dapat bertahan lama.

  • Mengeriting rambut

Anda juga dapat mengeriting rambut Anda untuk mencegah rambut lepek. Anda dapat menggunakan alat pengeriting rambut berukuran besar untuk membuat rambut Anda berkembang.

  • Mengubah gaya rambut

Mengubah gaya rambut yang lebih bervolume merupakan cara lain yang dapat Anda terapkan. Contoh gaya rambut yang dapat Anda terapkan adalah bob atau gaya rambut berlapis.

Kesimpulan

Rambut lepek merupakan kondisi yang perlu diperhatikan dimana hal tersebut dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Jika Anda memiliki masalah seperti ini pada rambut Anda, Anda sebaiknya ikuti cara-cara yang disebutkan di atas. Menjaga kondisi rambut sebenarnya mudah untuk dilakukan, namun perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa tanyakan persoalan ini dengan dokter kulit atau dokter bedah plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *