Manfaat Kayu Manis, Rempah Unggulan Indonesia

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah unggulan Indonesia. Tercatat sampai tahun 2015 saja, Indonesia merupakan eksportir kayu manis ketiga terbesar di dunia. Tidak hanya untuk menyedapkan makanan dan memberikan aroma yang khas pada resep-resep dunia, tingginya minat mengonsumsi kayu manis dunia disebabkan pula oleh banyaknya manfaat kesehatan rempah-rempah yang satu ini.

kayu manis

Secara umum, kayu manis memiliki sifat antiperadangan sekaligus memiliki kandungan antioksidan tinggi. Sifat-sifat ini pada jenis rempah tersebut sebab kayu manis mengandung beragam nutrisi. Nutrisi yang ada pada kayu manis, di antaranya.

  • Kalsium: 26 mg (2,6 persen angka kecukupan gizi/AKG);
  • Kalium: 11 mg (0,23 persen AKG);
  • Magnesium: 2 mg (0,5 persen AKG);
  • Fosfor: 2 mg (0,2 persen AKG);
  • Vitamin K 1 mikrogram (1,22 persen AKG); dan
  • Vitamin A: 8 UI (0,16 persen AKG).

Kandungan tersebut terdapat dalam tiap 4,8 gram bubuk kayu manis atau setara dengan 1 sendok teh. Dengan kayanya kandungan gizi tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan ini ketika mengonsumsi kayu manis secara rutin.

Menangkal Alzheimer

Alzheimer merupakan suatu penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat secara drastis. Sementara itu berdasarkan beberapa studi, bagian kulit kayu manis bisa menurunkan gejala penurunan fungsi otak terkait memudarnya daya ingat. Mengonsumsi kulit kayu manis dengan tepat dapat membuat kemampuan berpikir meningkat dan menangkal munculnya plak aminoid di otak yang menjadi sumber dari kondisi alzheimer.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengonsumsi kayu manis sebanyak 0,5—2 sendok teh per hari diteliti dapat menurunkan tingkat kadar gula darah bagi penderita diabetes sebanyak 10—29 persen. Kemampuan rempah-rempah ini mengontrol gula darah disebabkan kayu manis bisa mengeluarkan zat yang meniru efek insulin sehingga gula darah dapat lebih terkontrol. Selain itu dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin, enzim pencernaan sedikit banyak akan sedikit terhambat memecah karbohidrat yang masuk sehingga penumpukan glukosa dapat dihindari.

Minimalkan Penyakit Kardiovaskular

Kayu manis memiliki kandungan senyawa yang dapat menurunkan aktivitas enzim yang memproduksi kolesterol. Alhasil dengan mengonsumsi rempah-rempah ini sesuai anjuran, kadar kolesterol jahat dapat dikurangi, sementara kolesterol baik dapat ditingkatkan. Dengan tingkat kolesterol yang terjaga, beragam risiko penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, seperti jantung koroner sampai stroke, bisa diminimalkan.

Mencegah AIDS

Salah satu kemampuan kayu manis adalah menghentikan perkembangan virus di dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian bahkan terungkap, zat yang ada dalam rempah-rempah ini dapat memblokir perkembangan virus HIV menjadi AIDS. Karena penelitian ini pula, kayu manis direkomendasikan sebagai obat alternatif untuk terapi bagi para penderita AIDS.

Mengobati Multiple Sclerosis

Kayu manis juga dapat menjadi terapi bagi para penderita penyakit multiple sclerosis. Ini merupakan jenis penyakit yang merupakan gangguan saraf pada bagian otak, tulang belakang, sampai penglihatan. Orang-orang yang menderita multiple sclerosis kerap mengalami masalah pergerakan dan penglihatsan. Kayu manis sendiri terbukti memiliki efek antiperadangan yang bisa menjaga kesehatan sistem saraf pusat, termasuk bagian otak. Kayu manis bahkan memiliki kemampuan untuk memulihkan kondisi selubung meilin di otak sehingga secara berangsur-angsur dapat meredakan gejala multiple sclerosis.

Menjadi Antikanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sampai saat ini masih sulit ditangani. Mengantisipasi diri agar tidak terkena penyakit ini menjadi lebih bijak dibandingkan harus menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk pengobatannya. Kayu manis dapat menjadi pilihan alternatif guna mencegah kanker. Pasalnya, rempah-rempah ini memiliki sifat antitumor maupun antikanker yang dapat melawan pertumbuhan sel asing berbahaya dalam tubuh.

*** Beragam manfaat kayu manis bisa saja dirasakan berbeda antar satu orang dengan orang lainnya. Ketika mengharapkan manfaat rempah-rempah yang satu ini, Anda pun harus mengingat untuk mengonsumsinya secara tepat dalam arti teratur dan seusai dosis yang dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *