Manfaat Kembang Sepatu bagi Kesehatan

Hibiscus atau bungan kembang sepatu ternyata memiliki banyak sekali manfaat di balik keindahannya. Ternyata sejak dulu hibiscus ini sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional.

Bunga yang memiliki mahkota lebar ini diperkirakan memiliki lebih dari 200 spesies di seluruh dunia. Bunga yang memiliki warna beragam menjadi primadona bagi probatan tradisional. Pasalnya bunga kembang sepatu tergolong dapat dimakan dan memiliki banyak sekali khasiat. Salah satu kelebihannya adalah mengandung zat antioksidan yang dapat membantu mengendalikan radikal bebas, mencegah kerusakan sel, serta menurunkan risiko penyakit kronis.

Biasanya, kembang sepatu dikonsumsi berupa air rebusannya. Rasanya unik, mirip dengan cranberry dan bisa dinikmati panas maupun dingin. Biasanya, hibiscus yang diolah menjadi teh adalah jenis Hibiscus sabdariffa.

Manfaat Kembang Sepatu atau Hibiscus untuk Kesehatan

Selain memiliki manfaat sebagai antioksidan, kembang sepatu juga memiliki manfaat kesehatan lain sebagai berikut:

  • Memelihara Kesehatan Hati

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 19 orang dengan berat badan yang berlebih, mengkonsumsi ekstrak kembang sepatu selama 12 minggu dapat mengendalikan lemak yang menumpuk di hati. Jika di hati terjadi penumpukan lemak, berisiko memicu gagal hati.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya dari Hibiscus adalah dapat menurunkan tekanan darah. Ini merupakan manfaat kembang sepatu yang paling populer. Akan tetapi, bagi Anda yang mengonsumsi obat diuretik hydrochlorothiazide, tidak disarankan untuk mengkonsumsi rebusan kembang sepatu. Sebab, kedua jenis obat ini akan berinteraksi.

  • Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam Hibiscus adalah polifenol, yaitu senyawa yang disebut memiliki sifat antikanker. Nah, ekstrak kembang sepatu ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di lambung. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait manfaat ekstrak kembang sepatu ini.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Buat Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, ada baiknya mencoba rutin meinum air rebusan kembang sepatu ini. Sebab, ekstrak kembang sepatu disebut dapat mengurangi berat badan, indeks massa tubuh, lemak tubuh, hingga rasio pinggang dan pinggul.

  • Mengandung Sifat Antibakteri

Manfaat lainnya adalah mengandung sifat antibakteri. Namun, manfaat ini masih membutuhkan pengujian lebih lanjut untuk menguak manfaatnya.

  • Mengatasi Peradangan

Hibiscus memang terkenal kaya akan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan dan penyakit akibat penumpukan radikal bebas. Kembang sepatu juga mengandung banyak fitokimia seperti polifenol dan antosianin. Senyawa ini dapat menurunkan peradangan dalam tubuh tidak terkendali dan meningkatkan risiko terkena diabetes, radang sendi, serta radiovaskular.

Cara Membuat Teh Rebusan Hibiscus di Rumah

Dikutip dari Kompas, untuk membuat teh dari bunga kembang sepatu ini dengan cara menjemur kelopak bunga yang sudah dipetik. Penjemuran di bawah terik matahari selama 1-2 hari, agar mudah memisahkan bagian lidah kelopak yang berwarna merah dengan bijinya. Lalu, kelopak tersebut dicuci bersih. Lalu, kelopak dijemur lagi selama 3-5 hari. Agar tidak terkena debu, tutup dengan plastik ketika dalam proses penjemuran.

Jika sudah kering, simpanlah kelopak tersebut dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat. TIps agar teh hibiscus ini tahan lama, masukkan bungkusan butiran silika gel dalam wadah penyimpanan teh. Bahkan dalam penyimpanan yang baik, teh hibiscus dapat bertahan hingga 2 tahun. Jika ingin menyeduh teh hibiscus, caranya sama dengan membuat air teh biasa. Seduh 2-3 gram teh kembang sepatu dengan air mendidih hingga larut dan air akan berubah menjadi merah dan bisa ditambahkan gula. Teh dapat Anda nikmati dalam keadaan hangat atau dingin dengan es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *