Mengenal Cathlab, Fasilitas Unggulan Rumah Sakit Medika BSD

Berdiri pada tahun 2009, sudah lebih dari 10 tahun Rumah Sakit Medika BSD memberikan layanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat BSD dan sekitarnya. Rumah sakit yang terletak di Jalan Letnan Soetopo, Tangerang ini memiliki visi untuk menjadi pilihan utama masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif. Adapun untuk mencapai visi tersebut, Rumah Sakit Medika BSD memiliki misi dengan memberikan layanan kesehatan yang berkualitas bagi setiap pasiennya. Rumah sakit swasta ini memiliki nilai keamanan, integritas, profesionalisme, kesopanan, dan perbaikan yang terus menerus agar menjadi rumah sakit favorit di BSD. Untuk mendukung visi dan misi tersebut, selain Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berpengalaman, di Rumah Sakit Medika BSD Anda akan menemukan banyak fasilitas-fasilitas penunjang modern dan canggih. Salah satunya adalah Cathlab. Namun apa itu Cathlab dan apa saja fungsinya? Artikel ini akan membahas salah satu fasilitas unggulan Rumah Sakit Medika BSD tersebut secara lebih mendalam.

Di Cathlab Rumah Sakit Medika BSD, Anda akan mendapatkan perawatan ‚Äúcardiac catheterization‚ÄĚ, atau katerisasi jantung yang mana merupakan sebuah prosedur yang digunakan oleh dokter ahli jantung dalam mengevaluasi fungsi jantung dan mendiagnosa kondisi jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular. Selama proses katerisasi jantung tersebut, sebuah tabung yang kecil dan panjang  yang disebut dengan kateter akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena dan arteri di lengan, selangkangan, ataupun leher. Kateter ini kemudian akan diarahkan di dalam pembuluh darah untuk kemudian sampai ke jantung. Saat kateter berada di tempat yang seharusnya, dokter kemudian akan menjalankan tes diagnosa. Contoh tes tersebut adalah dokter akan memasukkan pewarna ke dalam kateter yang  kemudian akan membuat dokter mampu melihat ruang dan kamar jantung dengan bantuan mesin sinar-X. Katerisasi jantung ini hanya dilakukan di rumah sakit, dan dilakukan oleh ahli jantung serta sebuah tim yang terdiri dari dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya.

Apabila Anda mengunjungi Rumah Sakit Medika BSD, prosedur Cathlab dibutuhkan untuk mendiagnosa masalah-masalah yang berhubungan dengan kondisi kesehatan jantung dan untuk menentukan potensi penyebab rasa sakit di dada. Selama prosedur tersebut, dokter dapat mengkonfirmasi keberadaan cacat jantung bawaan (cacat yang terjadi setelah lahir), memeriksa pembuluh darah yang sempit atau tersumbat yang dapat menyebabkan rasa sakit pada dada, mencari masalah yang berhubungan dengan katup jantung, mengukur jumlah oksigen yang ada di dalam jantung, mengukur tekanan yang ada di dalam jantung, melakukan biopsy jaringan dari jantung Anda, dan mengevaluasi serta menentukan kebutuhan perawatan jantung yang lebih jauh. Katerisasi yang dilakukan di Cathlab Rumah Sakit Medika BSD ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya dan yang paling umum adalah karena dapat membantu para dokter dalam mendiagnosa dan merawat masalah yang di kemudian hari dapat berubah menjadi semakin parah, misalnya stroke dan serangan jantung. Anda mungkin dapat mencegah serangan jantung atau menghentikan stroke di masa mendatang apabila dokter mampu mengatasi masalah yang ditemukan selama prosedur Cathlab di Rumah Sakit Medika BSD.

Cathlab di Rumah Sakit Medika BSD sangat aman untuk dilakukan. Namun, seperti prosedur pemeriksaan pada umumnya, ada bebebrapa risiko komplikasi tertentu (meskipun sangat jarang terjadi) misalnya reaksi alergi akibat obat-obatan yang digunakan saat prosedur; pendarahan dan infeksi di daerah yang dimasuki oleh kateter, penggumpalan darah yang dapat memicu serangan jantung dan stroke dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *