Mengenal Kurap di Kepala dan Cara Pengobatannya

Kurap atau kadas ternyata tidak hanya berpotensi muncul di permukaan kulit badan saja, tetapi juga bisa muncul di kepala. Kurap di kepala ini disebut juga tinea capitis, yaitu infeksi jamur di kulit kepala dan menyebabkan munculnya bercak bersisik dan terasa gatal.

Apa Penyebab Kurap di Kepala?

Kurap di kepala ini disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita yang berkembang di rambut dan juga bagian luar kulit kepala. Seperti yang diketahui bahwa jamur memang suka berkembang biak di area yang lembap dan kulit berkeringat seperti kulit kepala.

Kurap akibat infeksi jamur ini sangat mudah sekali menular. Ada beberapa cara penularan kurap di kepala yang perlu Anda perhatikan dengan seksama.

  • Penularan dari manusia ke manusia. Kurap bisa menyebar jika Anda menyentuk kulit seseorang yang sudah terinfeksi jamur
  • Hewan ke manusia. Hewan peliharaan yang sering berhubungan dengan Anda juga tidak mustahil membawa jamur dermatofita ini. Ketika Anda menyentuhnya lalu menyentuh bagian kulit kepala, bisa menyebabkan infeksi alias kurap.
  • Benda ke manusia. Benda atau objek apa saja yang sudah terkontaminasi jamur dermatofita dan tidak sengaja tersentuh juga bisa menjadi media penularan dan menyebabkan kurap. Misalnya handuk, sisir, atau pakaian yang dikenakan.

Gejala Kurap di Kepala

Gejala paling umum yang dirasakan ketika ada kurap di kepala adalah terasa gatal dan kulit memiliki bercak bersisik. Selain itu, ada beberapa gejala yang juga perlu diperhatikan dan menjadi tanda kulit kepala mengalami infeksi akibat jamur dermatofita.

  • Kulit kepala sakit saat disentuh
  • Demam
  • Rambut mudah rontok dan rapuh
  • Bagian kulit berwarna abu-abu atau merah
  • Membengkaknya kelenjar getah bening
  • Seiring berjalannya waktu, bercak bersisik akan membesar ukurannya

Bahkan, dalam kasus kurap yang lebih parah lagi, bisa terjadi pembengkakan kulit dengan tekstur kasar dan berisi nanah. Selain itu, pembengkakan ini juga dapat menyebabkan kebotakan permanes dan akan mengganggu penampilan karena adanya bekas luka.

Pengobatan Kurap di Kepala dan Cara Mencegahnya

Ada beragam pengobatan untuk kurap di kepala yang biasanya direkomendasikan oleh dokter. Namun, obat-obatan ini memiliki efek samping. Apa saja obatnya?

  1. Obat Antijamur

Kurap di kepala biasanya akan diobati dengan obat antijamur. Biasanya obat antijamur yang diresepkan dokter adalah terbinafine hydrochloride dan griseofulvin. Kedua obat ini bisa diminum dan biasanya harus dikonsumsi selama 6 minggu lamanya.

Efek samping yang muncul akibat konsumsi obat antijamur ini adalah muntah, pusing, pingsan, ruam, alergi, hingga sensitif terhadap matahari. Bahkan efek samping obat terbinafine hydrochloride lebih parah seperti demam, sakit perut, gangguan organ hati, serta gatal-gatal.

  • Shampoo

Selain obat, dokter juga akan menyarankan untuk menggunakan shampoo khusus untuk mencegah penyebaran kurap di kepala ini. Tentu saja shampoo yang digunakan mengandung antijamur seperti selenium sulfide atau ketoconazole.

Hanya saja, penggunaan shampoo jenis ini hanya untuk mencegah penyebarannya saja, tidak bisa untuk membunuh jamur penyebab infeksi. Akan lebih baik jika dibarengi dengan mengkonsumsi obat antijamur dari dokter.

Karena penyakit ini sangat mudah menular, sebaiknya seluruh anggota keluarga juga menggunakan shampoo antijamur ini agar mencegah adanya penularan pada orang-orang yang serumah.

Perlu juga diingat bahwa proses pengobatan kurap di kepala ini membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyembuhannya. Untuk melihat hasil dari pengobatannya, bahkan dibutuhkan waktu satu bulan.

Oleh karena itulah lebih baik mencegah dan menghindari munculnya kurap di kepala. Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko dan mencegah terjadinya infeksi jamur di kepala, yaitu:

  • Menjaga kebersihan
  • Menghindari hewan yang terinfeksi atau membawa jamur dermatofita
  • Rutin menggunakan shampoo
  • Menghindari penggunaan barang pribadi secara bersama-sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *