Mual Saat Hamil? Apa yang Perlu Dilakukan?

Kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi seorang wanita yang ingin memiliki anak secara biologis. Ketika hamil, ada berbagai persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya termasuk mengkonsumsi makanan yang sehat agar terus menjaga kondisi janin. Tidak hanya itu, wanita yang sedang menjalani masa kehamilan juga perlu perhatikan bahwa mereka bisa mual saat hamil.

Makanan dan Minuman Yang Bisa Dikonsumsi

Mual saat hamil bisa menjadi tanda bahwa wanita mengalami perubahan hormon. Untuk mengatasi mual, berikut adalah makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi ibu hamil:

  1. Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk mencegah rasa mual ketika hamil. Buah tersebut mengandung vitamin B6 untuk mendukung kesehatan tubuh manusia. Buah tersebut juga merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk menerapkan pola hidup yang sehat.

  • Lemon

Jika Anda sedang hamil dan sering merasa mual, Anda juga sebaiknya coba lemon. Lemon juga dapat memberikan berbagai manfaat pada tubuh, termasuk mencegah rasa mual ketika hamil. Jika Anda tidak tahan terhadap rasa asam pada buah tersebut, Anda dapat mengkombinasikan air lemon dengan jahe.

  • Alpukat

Alpukat merupakan salah satu daftar makanan yang sebaiknya ibu hamil tidak abaikan. Buah tersebut mengandung vitamin C sehingga bermanfaat bagi tubuh, termasuk mencegah rasa mual. Meskipun demikian, mengkonsumsi alpukat secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan karena mengandung lemak.

  • Saus apel

Saus apel juga bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk mencegah mual. Saus apel merupakan makanan yang dikategorikan sebagai BRAT. Singkatan BRAT adalah banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toast (roti panggang). BRAT merupakan pengobatan alami yang dapat mengatasi rasa mual secara ampuh.

  • Jahe

Jahe dapat digunakan untuk tidak hanya mencegah berbagai penyakit, namun juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa mual. Jahe terbukti dapat mengatasi mual akibat motion sickness (mabuk), operasi, dan kemoterapi.

  • Makanan kering

Makanan kering juga dapat dikonsumsi ibu hamil, jika mereka sering merasa mual. Contoh makanan kering yang dapat dikonsumsi adalah kue pretzel. Makanan kering juga tidak memiliki aroma yang menyengat, bahkan makanan tersebut direkomendasikan dokter.

  • Kacang

Kacang merupakan pilihan lain yang dapat ibu hamil pertimbangkan jika sering merasa mual. Kacang merupakan salah satu makanan yang mengandung protein sehingga dapat mengurangi rasa mual. Jika ibu hamil alergi terhadap kacang, maka jangan mengkonsumsi makanan tersebut, namun dapat mencoba makanan lain.

  • Brokoli

Brokoli merupakan makanan yang mengandung protein sehingga bermanfaat bagi tubuh, termasuk mencegah rasa mual. Brokoli juga dapat membantu perkembangan tubuh manusia.

  • Air putih

Air putih tidak hanya mampu mencegah dehidrasi, namun juga mampu mencegah rasa mual selama kehamilan. Ibu hamil perlu mengkonsumsi air putih dengan teratur.

  1. Teh herbal

Teh herbal bisa dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah mual. Teh tersebut juga direkomendasikan dokter untuk membantu menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Ibu hamil dapat mengkonsumsi teh herbal baik dalam bentuk teh peppermint maupun chamomile.

Cara-Cara Untuk Mencegah Mual

Selain mengkonsumsi makanan atau minuman di atas, ibu hamil juga sebaiknya terapkan cara-cara di bawah untuk mencegah rasa mual:

  • Makanan

Ibu hamil sebaiknya hindari makanan yang dapat membuat mereka mual.

  • Tidur

Ibu hamil perlu tidur dalam waktu yang cukup. Jika ibu hamil tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, maka dapat membuat mereka mual dengan lebih mudah.

  • Berolahraga

Setiap orang dianjurkan untuk berolahraga, termasuk ibu hamil. Ibu hamil cukup berolahraga yang ringan seperti berjalan-jalan atau yoga.

  • Pakaian

Ibu hamil juga perlu mengenakan pakaian yang longgar. Pakaian yang ketat akan membuat ibu hamil mual dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Mual saat hamil bisa sering terjadi. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan cara-cara yang disebutkan di atas. Cara-cara tersebut tidak hanya membantu menjaga kesehatan ibu hamil, namun juga dapat menjaga kondisi janinnya. Jika ada keperluan tentang menjaga kehamilan, ibu hamil bisa berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *