Obat Eksim Kering

Eksim kering merupakan peradangan kulit akibat gangguan sistem imun tubuh. Salah satu jenis eksim kering yang sering terjadi pada manusia adalah dermatitis atopik. Peradangan tersebut bisa terjadi di bagian tubuh manapun, terutama di bagian kaki, dan bisa terjadi dalam waktu yang lama. Sampai saat ini belum ada obat eksim kering yang tepat untuk mengatasi gangguan tersebut sehingga pasien dapat sembuh total.

Faktor Pemicu Eksim Kering

Seseorang yang telah reda dari eksim kering pada bagian tertentu bisa terkena risiko itu lagi ketika mereka melakukan kontak fisik dengan orang yang memicu gangguan tersebut. Tidak hanya melalui kontak fisik, eksim kering juga bisa terjadi karena makanan, bahan mandi seperti sabun, kain wol, asap rokok, dan lain-lain.

Pengobatan Eksim Dokter

Obat eksim kering perlu digunakan sesuai dengan ciri-ciri pasien seperti usia dan gejala yang dialami pasien. Berikut adalah obat eksim kering yang dapat digunakan pasien:

  1. Krim dan salep kortikosteroid

Krim dan salep kortikosteroid merupakan obat antiradang yang dapat mengatasi peradangan akibat eksim kering. Obat tersebut bisa Anda peroleh dari dokter atau apotik. Anda hanya perlu mengoleskan krim atau salep tersebut ke bagian tubuh yang terdampak.

  • Kortikosteroid sistemik

Kortikosteroid sistemik bisa menjadi pilihan lain untuk mengatasi eksim kering. Anda dapat menggunakan kortikosteroid sistemik melalui obat minum atau suntikan.

  • Antihistamin

Antihistamin merupakan pilihan obat lain yang dapat mengatasi eksim kering. Meskipun demikian, obat tersebut menyebabkan kantuk. Hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi kebiasaan menggaruk bagian tubuh yang terkena eksim kering.

  • Antibiotik

Antibiotik dapat mengatasi berbagai masalah pada tubuh, termasuk eksim kering. Obat tersebut dapat mencegah infeksi pada bagian kulit yang terkena eksim kering.

  • Obat antivirus dan antijamur

Obat antivirus dan antijamur merupakan pilihan lain yang dapat Anda coba jika Anda didiagnosis mengalami infeksi jamur atau virus pada bagian tubuh tertentu akibat eksim kering.

  • Kalsineurin inhibitor topikal

Kalsineurin inhibitor topikal merupakan pilihan obat lain yang dapat Anda gunakan untuk menekan aktivitas sistem imun untuk mengurangi risiko peradangan pada tubuh.

  • Fototerapi

Fototerapi merupakan prosedur yang melibatkan cahaya dimana kulit yang terdampak akan diberikan paparan gelombang UVA atau UVB.

Bahan Alami

Anda tidak hanya dapat menggunakan pengobatan yang disarankan di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi eksim kering. Berikut adalah bahan-bahan yang dapat Anda gunakan:

  1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya merupakan salah satu bahan yang sangat bermanfaat bagi kulit, karena dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti menjaga kelembaban dan menyembuhkan luka. Gel lidah buaya tidak memerlukan bahan tambahan untuk memberikan efek yang baik pada kulit.

  • Cuka apel

Cuka apel juga bisa menjadi pilihan lain yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi eksim kering. Meskipun demikian, cuka apel harus Anda campurkan dengan air karena bisa menimbulkan luka bakar.

  • Pemutih

Pemutih tidak hanya digunakan untuk pakaian, Anda juga dapat menggunakan bahan tersebut pada kulit yang terdampak. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 menyatakan bahwa manusia dapat mandi dengan pemutih untuk mendapatkan hasil yang efektif pada kulit.

Untuk menggunakan pemutih, Anda perlu tuangkan pemutih sebanyak setengah tutup pemutih ke bak mandi yang sudah diisi air. Anda dapat berendam selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu, Anda bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Kesimpulan

Obat eksim kering tidak selalu diperoleh melalui resep dokter atau apotik, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti gel lidah buaya untuk mendapatkan hasil yang bagus pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *