Obat Tipes

Gejala tipes terjadi disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi. Bakteri tersebut menyebar melalui makanan atau air. Orang-orang yang mengalami gejala tipes dapat menggunakan obat tipes baik melalui resep dokter maupun cara alami.

Obat Tipes Antibiotik

Jika Anda mengalami gejala tipes dan perlu obat dari dokter, maka dokter akan mengatasi gejala tersebut dengan obat antibiotik. Antibiotik dapat digunakan untuk memperlambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh manusia. Berikut adalah beberapa jenis obat tipes yang dapat digunakan:

  1. Ciprofloxacin

Ciprofloxacin adalah jenis obat yang digunakan berdasarkan hasil pemeriksaan Anda. Ciprofloxacin merupakan jenis obat antibiotik yang termasuk golongan fluoroquinolone dimana obat tersebut tersedia dalam bentuk suntik atau tablet.

Ciprofloxacin tidak dapat digunakan oleh anak-anak di bawah 18 tahun, kecuali jika mereka terkena infeksi dan tidak bisa diobati dengan antibiotik lainnya. Ciprofloxacin juga dapat berinteraksi dengan obat lainnya seperti obat antasida. Meskipun demikian, Anda perlu jeda waktu untuk mengkonsumsi kedua obat tersebut.

Sama seperti obat lain, ciprofloxacin juga dapat memicu efek samping seperti diare, mual, dan muntah. Meskipun jarang terjadi, ciprofloxacin juga dapat menyebabkan gangguan saraf dan gula darah rendah.

  • Azithromycin

Azithromycin adalah obat yang dapat digunakan jika infeksi bakteri tidak dapat diatasi dengan ciprofloxacin. Azithromycin tidak dapat digunakan jika Anda punya reaksi alergi terhadap obat ini, pernah mengalami penyakit kuning, atau gangguan hati akibat penggunaan obat ini.

Selain itu, jika Anda menggunakan obat antasida yang mengandung aluminium atau magnesium, Anda perlu tunggu setidaknya 2 jam, baik sebelum maupun sesudah mengkonsumsi obat tersebut untuk menggunakan obat azithromycin.

Azithromycin juga dapat menimbulkan efek samping berupa diare, mual, muntah, sakit perut, sakit kepala, dan merasa lemas.

  • Ceftriaxone

Ceftriaxone adalah obat tipes lain yang dapat digunakan jika gejala Anda tidak dapat diobati dengan azithromycin. Meskipun demikian, Anda sebaiknya tidak menggunakan ceftriaxone jika Anda memiliki kadar gula darah tinggi. Sebagian ceftriaxone mengandung gula.

Ceftriaxone juga dapat memicu efek samping berupa feses berwarna hitam dan kering, nyeri dada, menggigil, batuk, demam, buang air kecil terasa sakit, sesak nafas, dan sakit tenggorokan.

Obat Tipes Alami

Selain obat antibiotik, Anda juga dapat mengatasi tipes dengan cara alami. Berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan:

  1. Pisang

Pisang mengandung pektin atau serat larut yang dapat menyerap cairan di usus sehingga dapat mengurangi diare. Selain itu, pisang mengandung kalori tinggi untuk melawan bakteri di dalam tubuh.

Untuk mempercepat proses pemulihan, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang sebanyak 2 sampai 3 buah per hari.

  • Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba untuk membunuh bakteri di dalam tubuh agar sistem kekebalan tubuh meningkat. Anda dapat mengkonsumsi 2 siung bawang putih saat perut kosong.

  • Cuka apel

Cuka apel dapat mengeluarkan panas tubuh sehingga dapat mengurangi suhu tubuh dengan perlahan. Selain itu, kandungan mineral yang ada pada cuka apel dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang akibat diare.

  • Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah akibat tipes.

  • Daun basil

Daun basil atau daun selasih memiliki kandungan antibiotik dan antibakteri dimana kegunaannya dapat menghambat bakteri penyebab tipes dalam tubuh. Tidak hanya itu, daun basil juga dapat menurunkan demam, menghangatkan perut, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah obat tipes yang bisa Anda gunakan. Anda perlu segera mengatasinya dengan obat yang disebutkan di atas. Meskipun demikian, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika obat yang disarankan aman untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *