Pemilik Kulit Kering Berjerawat, Hindari Kandungan Skincare Ini

Apa penyebab kulit kering berjerawat? Jawabannya ternyata tidak jauh dari berbagai kandungan bahan aktif dalam produk perawatan kulit. Produk perawatan wajah seperti scrub, facial, atau peeling yang mengandung bahan aktif dapat memperburuk kondisi kulit wajah Anda. Jadi waspada saat memilih produk kecantikan adalah kuncinya.  

Selain itu, kondisi alami yang terjadi kulit kering berjerawat juga dapat memperparah keadaan. Misalnya ketika kulit akan mengelupas dan secara sadar ataupun tidak Anda jadi sering mengelopek kulit yang bersisik tersebut hingga terluka. Luka dari kulit yang mengelupas tadi dapat menjadi celah bagi bakteri untuk masuk dan mengakibatkan infeksi pada kulit yang selanjutnya dapat berkembang menjadi sebuah mimpi buruk.

Pada dasarnya, perawatan kulit kering berjerawat hampir sama dengan pengobatan jerawat pada umumnya. Hanya saja, seperti yang sudah disinggung di atas, Anda hanya perlu memahami betul kandungan skincare apa saja yang tidak baik bagi kulit dan wajib dihindari, seperti:

  • Salycylic acid

Salyclic acid dapat menjadi bahan ampuh untuk mengatasi jerawat lebih cepat, terutama komedo. Namun, salicylic acid memiliki efek samping seperti menimbulkan iritasi dan kulit kering pada orang yang memiliki kulit sensitif atau menggunakannya secara berlebihan. Sehingga kandungan ini tidak cocok digunakan pada kulit kering berjerawat.

  • Alkohol

Kandungan alkohol pada produk seperti toner dan pembersih sebaiknya dihindari. Alkohol dapat membuat kulit kering dan iritasi serta merangsang kelenjar minyak untuk mengeluarkan lebih banyak minyak atau sebum, untuk melembabkan kulit. Sebum yang terjebak di kelenjar justru membuat bakteri berkembang dan dapat menimbulkan jerawat.

  • Fragrance

Fragrance banyak digunakan dalam produk perawatan wajah karena membuat produk menjadi harum. Produk yang mengandung fragrance tidak boleh diaplikasikan ke wajah dengan kulit kering berjerawat karena justru akan memperparah kondisi. Selain itu, fragrance juga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan rasa gatal bagi pemilik kulit kering.

  • Benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide dapat mudah Anda temukan di dalam produk acne-spot treatment gel atau biasa disebut obat jerawat ataupun di dalam produk pembersih. Kandungan skincare yang satu ini bukanlah teman baik untuk si pemilik kulit kering berjerawat. Pemakaian produk perawatan kulit yang mengandung benzoyl peroxide justru akan membuat kulit kamu mengelupas, gatal, iritasi dan kemerahan.

  • Retinoid

Kandungan skincare yang satu ini sering dipakai untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan keriput. Dilihat dari manfaatnya untuk kulit, kandungan skincare ini jelas tidak diperuntukkan bagi si pemilik kulit kering saja, tanpa jerawat.

Bagi Anda yang memiliki jenis kombinasi kulit kering berjerawat, sebaiknya hindari pemakaian produk skincare yang mengandung retonoid karena pemakaian produk perawatan kulit yang mengandung retinoid hanya akan membuat keadaan tambah buruk.

  • Exfoliating beads

Melakukan eksfoliasi pada kulit merupakan hal umum untuk pengangkatan sel kulit mati. Namun perlu hati-hati, niatnya mengelupaskan sel-sel kulit mati dengan lembut, exfoliating beads yang keras justru menjadi penyebab timbulnya jerawat dan iritasi. Exfoliating beads sangat tidak cocok untuk jenis kulit kering berjerawat karena akan membakar kulit dan membuat kondisinya lebih buruk.

Jadi sudah dapat dimengerti ‘kan mengapa pemilihan produk perawatan wajah amat penting bagi pemilik kulit kering berjerawat? Jangan khawatir kalian berjenis kulit kering dan berjerawat tidak kebagian produk kecantikan. Sebab masih banyak produk-produk yang aman bagi Anda. Mungkin ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit sebelum membeli atau menggunakan produk kecantikan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *