Salah Satu Manfaat Tepung Maizena; Dijadikan Bedak, Memangnya Aman?

Belakangan ini, banyak influencer di dunia kecantikan memopulerkan tepung maizena sebagai bedak. Meskipun sebelumnya banyak narasi soal manfaat tepung maizena berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah, tetapi apakah benar jika tepung maizena dapat digunakan sebagai pengganti bedak?

Salah satu influencer kecantikan, Miriam Marroquin, menjadi orang yang mencoba cara itu. Melalui akun youtube-nya, Miriam mengunggah sebuah video yang merekam percobaannya menggunakan tepung maizena sebagai bedak.

Sebenarnya, aksi Miriam tersebut belum didasari oleh sebuah penelitian apalagi semacam uji klinis, dia hanya melakukan sebuah riset kecil dengan membandingkan tepung maizena dengan salah satu merek produk kecantikan. Dia sendiri pun belum yakin dengan aksinya tersebut. Di video itu dia bertutur, “Aku mencoba teknik kecantikan menggunakan tepung maizena. Ya tepung maizena. Ini sangat gila dan aku pun tidak percaya”.

Setelah mengucapkan itu, adegan demi adegan pengaplikasian tepung maizena sebagai bedak di wajah pun berlangsung. Menggunakan beauty blender atau spons berbentuk seperti telur, Miriam lalu memulaskan tepung maizena per bagian; di bawah mata hingga pipi, di tengah hidung dan dahi, dagu dan pipi bagian bawah. Setelah itu, wanita berambut ikal tersebut meratakannya dengan brush makeup.

Bagi Miriam, bubuk tepung maizena tersebut berfungsi seperti bedak tabur untuk menyempurnakan makeup setelah pemakain foundation. Fungsinya untuk membuat foundation lebih tahan lama dan mengurangi minyak pada kulit wajah.

Dalam videonya tersebut Miriam tampak cukup puas dengan percobaannya. “Aku berpikir cara ini sangat bagus karena hasilnya tidak terlalu putih di kulit. Jika kulit Anda gelap, maka bisa mencampurnya dengan bubuk kayu manis. Tapi tepung maizena tidak meninggalkan kulit yang jadi terlalu putih,” katanya, seperti memberi testimoni atas apa yang dia rasakan.

Salah seorang lagi, yang juga telah mengaplikasikan tepung maizena sebagai pengganti bedak, bahkan dengan terang-terangan mengatakan bahwa bedak dari tepung maizena ampuh bagi kulit berminyak. Katanya, bedak dari tepung maizena ini dapat menyerap minyak berlebih di kulit wajah.

Dia menuturkan bahwa kesan pertama yang dia datkan setelah menggunakan tepung maizena tersebut adalah, “Saking sukanya dengan bedak tepung maizena ini, saya jadi selalu menggunakannya. Masalahnya, saat saya mencoba produk loose powder komersil yang mengandung cornstarch, pasti malah nggak cocok di wajah. Biasanya karena tambahan fragrance-nya cukup banyak,” katanya dalam blognya.

Akan tetapi, masih menurut dia, bedak tepung maizena ini tidak dapat menutupi noda. Kemudaian, tepung maizena juga tidak terlalu menutup redness. Tapi, bedak ini akan membuat wajah terlihat lebih fresh dan kelebihannya yang paling signifikan menurutnya adalah membuat wajah menjadi terlihat lebih putih. Ia pun tidak menyangka bahwa tepung maizena amat ampuh dalam menyerap minyak, “Wah, saya aja sampai kaget lho sama kekuatan tepung maizena dalam menahan minyak,” katanya.

Akan tetapi, apakah tepung maizena benar-benar aman untuk dijadikan bedak? Seorang dokter mengatakan hal sebaliknya. Menurutnya, komposisi, termasuk tekstur dan bahan dasar, antara bedak dan tepung maizena saja sudah berbeda. Oleh karenanya, dia tidak membenarkan aktivitas tersebut.

Dokter itu mengatakan jika tepung maizena ini digunakan sebagai bedak dapat meningkatkan risiko terjadinya jerawat. Hal ini karena kandungan dari tepung maizena berkutat pada karbohidrat yang ketika Anda aplikasikan ke tubuh justru akan membuat pertumbuhan kuman menjadi subur karena mendapatkan makanan dari tepung maizena tersebut.

Selain itu tentunya tepung maizena ini akan menyebabkan wajah menjadi lengket dan menghalangi keluarnya keringat dari wajah. Keringat, minyak, atau apa pun itu akan terhambat dan akan terjadi penyumbatan sehingga terjadilah jerawat. Nah, oleh karenanya, sebelum Anda memanfaatkan tepung maizena untuk bedak, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit atau tenaga medis yang memiliki ilmu di bidangnya. Tujuannya agar penggunaannya tidak menjadi masalah baru di kulit wajah Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *