Sikat Gigi Bayi

Jika Anda punya bayi, maka ada berbagai persiapan yang harus Anda lakukan. Salah satunya adalah menyediakan perlengkapan untuk bayi seperti sikat gigi bayi. Sikat gigi bayi dapat Anda persiapkan ketika bayi mulai mengalami pertumbuhan gigi, yang biasanya pertama kali terjadi pada bulan keenam.

Jika bayi sudah mengalami pertumbuhan gigi, maka Anda perlu segera membeli sikat gigi bayi. Namun, Anda juga perlu pahami bahwa Anda sebaiknya jangan membeli sikat gigi bayi dengan sembarangan.

Masa Pertumbuhan Gigi Bayi

Ketika bayi lahir, bayi sebenarnya sudah mengalami pertumbuhan gigi, namun masih tersimpan di dalam gusi. Sebagian bayi juga mengalami pertumbuhan dengan cepat, namun sebagian juga mengalami pertumbuhan dengan lambat. Kisaran bayi mengalami pertumbuhan gigi adalah antara 6 hingga 10 bulan.

Biasanya, gigi pertama bayi yang muncul adalah gigi depan bawah atau gigi seri tengah bawah. Setelah itu, akan muncul di bagian-bagian lain hingga bayi mengalami pertumbuhan gigi secara utuh ketika mereka berada di usia 3 tahun.

Jika bayi belum mengalami pertumbuhan gigi, Anda dapat membersihkan gusinya dengan kain lembut basah untuk menghilangkan kuman. Kuman adalah salah satu penyebab gigi rusak. Setelah bayi mengalami pertumbuhan gigi, Anda dapat menggunakan sikat gigi bayi untuk membersihkannya, namun dengan sikat gigi lembut yang basah dan dilakukan setidaknya dua kali sehari.

Ketika bayi memasuki usia 2 tahun, Anda bisa mulai menggunakan pasta gigi, namun dengan sedikit kandungan fluoride (sekitar 1 butir beras). Kegunaan fluoride adalah menjaga gigi agar terhindar dari kerusakan dan memperkuat enamel gigi.

Kebiasaan menyikat gigi perlu diajarkan secara dini agar anak dapat memahaminya dengan cepat. Namun, Anda sebaiknya mendampingi anak Anda agar semakin rajin menyikat gigi hingga mereka dapat menyikat gigi sendiri ketika mereka berusia 6 tahun.

Tips Memilih Sikat Gigi Bayi

Jika Anda merasa bingung dalam memilih sikat gigi untuk bayi Anda, maka Anda sebaiknya perhatikan tips di bawah ini:

  • Ukuran

Anda perlu memilih kepala sikat gigi yang kecil agar dapat menjangkau ke dalam mulut bayi dan dapat membersihkan permukaan gigi. Jika Anda membeli sikat gigi yang ukurannya besar, hal tersebut dapat menimbulkan mulut bayi terluka dan mengalami iritasi.

  • Pegangan

Sikat gigi yang memiliki pegangan kecil biasanya digunakan orang tua, sedangkan tangan bayi masih kecil dan belum bisa memegang benda yang kecil dengan benar. Oleh karena itu, Anda perlu mencari sikat gigi dengan pegangan yang besar agar anak Anda dapat menggosok gigi sendiri.

  • Bulu

Anda tentunya harus pilih sikat gigi yang bulunya halus supaya dapat menggosok gigi bayi dengan baik, dan supaya mencegah iritasi dan nyeri pada bagian mulut bayi.

  • Penampilan

Anda sebaiknya pilih sikat gigi yang memiliki motif lucu seperti gambar kartun, karena hal ini dapat membuat anak Anda tertarik untuk menggunakannya.

Anda juga perlu pahami bahwa Anda perlu membeli sikat gigi yang memenuhi standar keamanan agar dapat digunakan untuk bayi Anda. Selain itu, Anda perlu ganti sikat gigi bayi setiap 3 atau 4 bulan, namun bisa lebih awal jika kondisi sikat gigi tidak terlihat bagus. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda menyikat gigi bayi Anda secara rutin agar giginya tetap bersih. Jika bayi Anda mengalami masalah pada giginya, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter agar dokter memberikan perawatan yang cocok untuk bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *