Solusi Untuk Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah kondisi yang mengacu pada rasa sakit, gatal, atau iritasi pada tenggorokan Anda. Meskipun sakit tenggorokan dapat diatasi tanpa perawatan ke dokter, rasa sakit yang Anda rasakan bisa sangat mengganggu. 

Terdapat berbagai obat sakit tenggorokan alami yang dapat Anda gunakan di rumah untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan gejala lainnya. Beberapa di antaranya mungkin sudah pernah Anda lakukan, seperti minum air hangat dengan madu dan jus lemon.

Berikut solusi untuk menenangkan rasa sakit dan iritasi ketika Anda sakit tenggorokan:

  1. Air garam

Meskipun air garam tidak memberikan hasil secara langsung, air garam merupakan obat yang efektif untuk membunuh bakteri dengan melonggarkan lendir dan mengurangi rasa sakit. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat dan berkumur.

  1. Madu

Madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri adalah obat rumahan untuk sakit tenggorokan. Satu studi menemukan bahwa madu efektif dalam menjinakkan batuk Anda di malam hari. Selain itu, madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan Anda.

  1. Bawang putih mentah

Bawang putih memiliki sifat antiseptik, yang dapat membantu jika Anda memiliki infeksi bakteri, dan dapat membantu Anda meredakan sakit tenggorokan.

Cara terbaik untuk menggunakan bawang putih untuk sakit tenggorokan adalah dengan mengunyah secara mentah, atau mengambil sepotong dan menghisapnya selama 15 menit.

Untuk membuat bawang putih mentah lebih mudah dicerna, Anda dapat mencincang bawang dan menambahkan sedikit madu atau minyak zaitun atau campurkan beberapa bawang putih dengan sayuran lain dengan membuat jus sayuran.

  1. Apple cider vinegar

Apple cider vinegar (ACV) memiliki banyak kegunaan antibakteri alami. Sejumlah penelitian menunjukkan efek antimikroba yang ada di dalam cuka sari apel dalam memerangi infeksi. Karena sifatnya yang asam, dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Jika Anda merasakan sakit tenggorokan, tuang 1 hingga 2 sendok makan ACV ke dalam satu cangkir air dan berkumur.

  1. Cabe rawit atau saus pedas

Keduanya cukup sering digunakan sebagai pereda nyeri, cabe rawit mengandung capsaicin, senyawa alami yang dikenal untuk memblokir reseptor rasa sakit.

Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, menelan cabai yang dicampur dengan air hangat dan madu dapat membantu meredakan rasa sakit untuk sakit tenggorokan Anda. Ingatlah bahwa sensasi terbakar di awal umum terjadi.

  1. Peppermint 

Peppermint dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan nafas. Semprotan minyak peppermint encer juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan.

Meskipun solusi-solusi diatas telah terbukti membantu menghilangkan sakit tenggorokan, Anda perlu menghindari beberapa hal, seperti menghindari makanan yang sulit ditelan dan konsumsi makanan lunak sampai sakit tenggorokan Anda teratasi.

Namun, jika Anda mengalami sakit parah saat menelan, demam tinggi, mual atau muntah dan rasa sakit pada tenggorokan Anda tidak membaik, segera kunjungi dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *