Variasi Minuman Sehat, Berikut Manfaat Jus Bayam untuk Tubuh

Anda punya banyak bayam di rumah dan bingung cara mengolahnya selain dibuat sebagai sup bayam? Bayam juga dapat Anda olah sebagai jus yang menyehatkan tubuh, lho. Manfaat jus bayam ini juga tidak main-main, mulai dari menjaga kelancaran sistem pencernaan, menangkal radikal bebas, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Di dalam jus bayam, terdapat berbagai zat bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin, antioksidan, dan mineral. Tidak heran, jika manfaat jus bayam ini dapat mencakup kesehatan organ tubuh mulai dari ujung rambut, mata, dan pencernaan. Informasi selengkapnya dapat Anda simak dalam artikel berikut.

  1. Menyeimbangkan tekanan darah

Salah satu manfaat jus bayam bagi kesehatan, yaitu mampu menyeimbangkan tekanan darah. Di dalamnya terdapat kandungan nitrat alami yang berperan dalam melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah nantinya dapat diturunkan dan aliran darah akan meningkat.

Dalam satu gelas jus bayam, terdapat lebih dari 14% kalium dari nilai harian yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Kalium berperan dalam mengendalikan tekanan darah dengan cara mengontrol jumlah natrium yang diproduksi melalui urine. 

  1. Mendukung program diet menurunkan berat badan

Anda berencana untuk melakukan diet demi kesehatan? Manfaat jus bayam yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Dikarenakan kandungan jus bayam yang rendah kalori dan lemak, yaitu sekitar 28 kalori dan kurang dari 1 gram lemak, hitungan ini sesuai dengan rekomendasi untuk program diet dengan mengurangi lemak dan kalori. 

Jus bayam juga memiliki kandungan protein yang diyakini dapat mengurangi rasa lapar dan mengontrol nafsu makan berlebih.

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Dalam kandungan jus bayam, terdapat senyawa tertentu yang diyakini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Temuan ini berdasarkan pada hasil penelitian dengan menggunakan hewan uji pada tikus yang dilakukan selama dua minggu. Diketahui bahwa, jus bayam dapat mengurangi volume tumor kanker usus besar mencapai 56% kemungkinan.

Penelitian lain pada manusia, menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi sayuran hijau efektif dalam menurunkan risiko kanker prostat, paru-paru, kolorektal, dan payudara. 

  1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Jus bayam mengandung vitamin C yang berguna untuk mendorong regenerasi sel kulit dan memproduksi lendir yang berfungsi sebagai pelindung dari infeksi. Di dalam jus bayam terdapat 38% vitamin C dari nilai harian konsumsi yang direkomendasikan oleh ahli. 

Tercukupinya vitamin C terbukti efektif dalam melindungi kulit dari stres oksidatif, peradangan, bahkan kerusakan kulit yang memicu timbulnya penuaan. Vitamin C juga berguna dalam memproduksi kolagen yang berguna untuk mencegah kerontokan rambut, karena kekurangan zat besi. 

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat jus bayam lainnya, yaitu berguna untuk mencegah asam lambung naik. Kondisi ini sering kali dikaitkan dengan gangguan pencernaan yang biasa dikeluhkan oleh banyak orang.

Vitamin C dalam jus bayam berguna untuk melancarkan pencernaan, karena memudahkan penyerapan zat besi. Selain itu, serat makanan yang tersimpan dalam jus bayam dapat melancarkan proses keluar feses dan mengurangi risiko sembelit.

Itu dia manfaat jus bayam yang sekali untuk Anda lewatkan. Dapat dikatakan, bahwa manfaat kesehatan ini mudah untuk Anda dapatkan. Pasalnya, bayam merupakan salah satu sayuran yang mudah ditemui dan dijual dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *